Kamis, 29 Januari 2009

DBMS

Database dikelola dengan menggunakan DBMS (Database Management System) yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola database . Perangkat lunak ini banyak dan semuanya digunakan sesuai dengan kebutuhan.
Diantara DBMS yang ada antara lain : Microsoft Access, SQL Server, MySQL, Oracle, dll.
Diantara DBMS ada yang sudah dapat menyediakan interface sendiri untuk membuat form yang sesuai dengan kebutuhan.

Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman yang tidak mempunyai DBMS, jadi untuk mengelola database visual basic perlu dihubungkan dengan salah satu dari DBMS yang didukung oleh visual basic diantaranya : Microsoft Access, SQL Server, MySQL, Oracle.
 Jadi dengan kata lain untuk mengelola database Visual Basic dijadikan sebagai mesin pengolah data sedangkan DBMS digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data hasil prosessingnya. Dengan demikian antara VB dengan DBMS harus dihubungkan terlebih dahulu sebelum bisa mengelola database.


DATABASE RELATIONAL

 Database relational terdiri dari satu atau lebih table. Table merupakan kumpulan dari sekelompok data yang sejenis yang disusun dalam bentuk kolom atau baris.
 Database Relational mencantumkan aturan-aturan dalam menyimpan data kedalam table, yaitu :

1.tidak dimungkinkan adanya sebuah data atau Key yang sama nantinya akan menyebabkan timbulnya duplicate data untuk sebuah record.
2.replicate data jua sangat dihindari.

Database Relational sebenarnya dibuat untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan dalam aturan-aturan menyimpan data kedalam subuah database.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar